Glitter Words

Senin, 07 Juni 2010

iPhone 4G










Setelah prototipenya sempat bocor, iPhone 4 akhirnya diperkenalkan secara resmi oleh Steve Jobb saat memberi sambutan di acara Konferensi Developer Dunia 2010.

Dibandingkan pendahulunya, iPhone 4 memiliki desain yang lebih ramping dari bahan stainless steel dengan layar tahan goresan. Tambahan lainnya adalah kamera sisi depan untuk fasilitas video chat dengan menggunakan iChat.

iPhone 4 juga telah menggunakan A4 prosesor sehingga memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan iPhone pendahulunya serta mampu membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan.

Selain itu, iPhone versi ini juga telah memperbaiki teknologi baterai sehingga bisa bertahan lebih lama. Baterai dapat digunakan untuk 7 jam bicara, 6 jam jelajah internet dengan 3G, 10 jam jelajah internet dengan Wi-Fi, dan 300 jam dengan kondisi standby.

Ini adalah versi keempat iPhone sejak pertama kali diluncurkan pada Juni 2007, menyusul iPhone dengan teknologi 3G pada Juli 2008 dan iPhone 3GS setahun kemudian.

Sebelum peluncuran, teknologi iPhone yang diklaim sebagai tercanggih dari yang sudah ada ini sempat dibocorkan oleh Gizmodo, yang mendapatkan informasi dari sebuah prototipe iPhone yang ditemukan di sebuah toilet bar Gourmet Haus Staudt di Redwood City, San Francisco.

"Bila Anda memegang ini di tangan Anda, itu sulit dipercaya," kata Jobs. Rincian dari iPhone 4 bocor beberapa minggu sebelum pengumuman resmi hari ini, setelah perangkat prototipe terjatuh di bar, dan jatuh ke tangan Gizmodo, sebuah blog gadget.

"Hentikan saya jika Anda pernah melihat ini sebelumnya," canda Jobs sambil memamerkan perangkat baru itu.

IPhone 4 menggunakan prosesor A4 Apple, yang menurut Jobs memberikan kecepatan dan kinerja superior, serta baterai yang lebih baik yang akan memungkinkan pengguna memakai lebih lama. Ada juga sebuah giroskop yang memungkinkan gerakan diukur lebih tepat, dan dapat menginspirasi generasi baru game iPhone, kata Jobs.

Apple juga memberikan rincian lebih lanjut tentang sistem operasi baru untuk iPhone, iPad dan iPod touch, yang dikenal sebagai iOS4.

Pembaruan perangkat lunak akan membawa multi-tasking untuk iPhone, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi dan program secara bersamaan, dan juga akan memungkinkan pengguna untuk mengatur aplikasi mereka ke folder.



Kesan Pertama iPhone 4 Terbaru

Baja stainless di iPhone 4 baru yang dipadukan dengan desain gelas memenuhi standar industri, namun tanpa mengorbankan kenyamanan atau kegunaannya.

Layar iPhone 4 juga sensasional empat kali resolusi layar pada 3GS iPhone. Ketajaman dan kejelasan layar ini biasanya hanya akan temukan di telepon dengan layar OLED. Sedangkan prosesor A4 Apple memastikan semuanya berjalan sangat cepat.

Kedatangan fungsi multitasking yang telah lama ditunggu-tunggu tidak mengecewakan. Tekan tombol cepat Home di iPhone akan menampilkan dok yang memungkinkan untuk memilih berbagai aplikasi yang ingin dibuka.

iPhone memiliki ukuran diagonal sekitar 3,5 inci, namun Jobs menekankan bahwa perangkat itu dapat menampikan 4 kali lebih banyak dari piksel dibandingan layar sebelumnya . Hal itu membuat tampilan gambar semakin tajam.

iPhone baru itu juga memiliki kamera di depan yang dapat digunakan untuk video conference, sebagai tambahan terdapat pula kamera 5 MP dan flash di bagian belakang. Saat ini, fungsi video conference FaceTime hanya dapat bekerja jika kedua pengguna yang berhubungan menggunakan iPhone 4 dan terkoneksi dengan WiFi daripada jaringan ponsel. jobs mengindikasikan bahwa FaceTime akan bekerja pada seluruh jaringan seluler, di mana Apple mengatakan mereka membutuhkan ‘sedikit waktu’ dengan penyedia jasa agar siap.

Baterai iPhone baru itu memungkinkan waktu bicara sepanjang 7 jam, perkembangan dari model lama yang hanya 5 jam. Perangkat ini dapat pula digunakan untuk browsing internet selama 6 jam dengan jaringan seluler, serta 10 jam dengan jaringan WiFi.

Seperti dikutip di Yahoo News, iPhone baru ini akan gunakan perangkat lunak mobile versi terbaru Apple yang disebut iOS4, yang diluncurkan Apple pada April lalu.

Software itu menawarkan beberapa fitur seperti kemampuan untuk mengoperasikan lebih dari satu program di waktu yang sama. iPhone lama dan iPod sentuh juga dapat menggunakan software ini dengan mengunduh gratis pada 21 Juni mendatang, meskipun tidak semua fitur yang ditawarkan dapat digunakan pada produk-produk tersebut.

Aplikasi baru bagi perangkat ini termasuk sudah memasukkan permainan populer Farmville dan Netflix yang memungkinakan pengguna menonton video langsung.

Apple juga coba untuk mengetatkan hubungan antara iPhone dan tablet iPad yang rilis 3 April lalu. Produk iPhone terbaru tersebut juga termasuk aplikasi eBook e-reading yang berarti orang dapat membeli e-book dari Apple ataupun perangkat lain dan bisa membaca di kedua perangkat tersebut.

“Saya rasa Apple mengetahui bagaimana mengajarkan orang akan suatu hal yang mereka belum tahu bahwa mereka menginginkan ini,” kata Michael Gartenberg, mitra dari perusahan analisis Altimeter Group.


Berapa Harga iPhone 4?


iPhone 4 akan dijual mulai kisaran harga USD 199 (sekitar Rp 1,8 juta) untuk kapasitas 16GB. Sedangkan versi 32GB akan dijual pada kisaran USD 299 (sekitar Rp 2,7 juta).


Harga tersebut tentunya berlaku di Amerika Serikat dengan syarat-syarat tertentu, termasuk kontrak dengan AT&T. Nah, akibat harga ini, ponsel iPhone 3GS pun 'jatuh' ke kisaran USD 99 (sedikit di bawah Rp 920.000).

Mereka yang berminat bisa mulai memesan iPhone 4 pada 15 Juni 2010. Perangkat itu baru akan tersedia pada 24 Juni 2010 dengan dua pilihan warna: hitam dan putih.

Pada awalnya, iPhone 4 akan tersedia di lima negara: Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Inggris dan Jepang. Pada bulan Juli, jumlah negaranya akan bertambah menjadi sekitar 18-an.



Sepuluh Hal Menarik dari Apple iPhone 4G


Sebelum anda menikmati kecanggihan dari iPhone 4G dikeluarkan musim panas tahun ini, layaknya anda mengetahui sepuluh hal menarik yang akan anda dapatkan dari ponsel canggih keluaran dari Apple.

1 ) Desain baru: Cassingnya berasal dari plastik, mulus melengkung belakang dan tampaknya lebih datar dari 3GS iPhone 3G – 4G iPhone, terbuat dari kaca dengan aluminium di sekitar perbatasan luar. Tepi tampak lebih kotak dari pada model sebelumnya, sedangkan perangkat sendiri lebih berat 3 gram daripada iPhone pendahulunya.

2 ) Layar yang lebih kecil, tetapi resolusi yang lebih baik: layar sedikit lebih kecil dari pada iPhone 3GS, tapi tampilannya sendiri memiliki resolusi yang lebih tinggi. 3GS iPhone saat ini menawarkan resolusi 480×320 pixel, sedangkan 4G iPhone dikabarkan menawarkan resolusi 960×640 – empat kali kualitas layar saat ini.

3 ) Kualitas baterai yang lebih baik : 4G iPhone memiliki baterai 16 persen lebih besar daripada yang ditemukan di 3GS iPhone. Yang seharusnya berarti iPhone 4G baterainya lebih awet.

4 ) Multitasking: iPhone 4G telah menjalankan sistem operasi baru dari iPhone, iPhone OS 4 (yang juga akan tersedia untuk iPhone 3G dan 3GS, dan pemilik model terbaru dari iPod touch). Salah satu fitur utama dari perangkat lunak baru multitasking – kemampuan untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dan beralih dengan mudah. Ini merupakan fitur penting bagi penggemar Apple yang telah putus asa sejak iPhone diluncurkan pertama kali, dan perangkat lain, seperti menjalankan sistem operasi Google Android, di iPhone 4G ini anda dapat dengan mudah menggunakannya.

5 ) Penyimpanan lainnya: Apple diharapkan untuk membawa kapasitas penyimpanan di iPhone yang sama dengan iPod touch, yang berarti kita bisa menggunakan kecanggihan iPhone 64GB dan 4G secara baik. Anda juga bisamenyimpan lebih banyak film dan acara TV. Fitur lain dari OS 4 iPhone adalah kemampuan untuk menyimpan aplikasi ke folder, yang berarti pengguna akan dapat menyimpan hingga 2.160 aplikasi pada iPhone mereka – secara signifikan lebih dari batas saat ini 180.

6 ) Kamera yang lebih Baik: iPhone 4G menampilkan kamera yang lebih baik. Belakang lensa jauh lebih besar dari pada model sebelumnya, dengan beberapaspekulasi bahwa iPhone 4G bisa membanggakan kamera hingga lima megapiksel (dibandingkan dengan kamera tiga megapixel pada iPhone 3GS) dengan flash untuk menangkap gambar di cahaya rendah. Ada beberapa bukti dalam pengembangan perangkat lunak iPhone 4G dimana dapat mendukung perekaman video definisi tinggi, dengan kualitas yang sama dengan yang HD Flip. Anda juga bisa menggunakan program iChat Apple dan live video streaming saat chatting dengan teman-teman anda karena kemudahan kamera yang menghadap ke depan.

7 ) Ebooks: iPad 4G, dengan layar sentuh khas dari Apple, sudah dipuji-puji di berbagai belahan dunia. Sekarang pengguna iPhone dapat membeli dan men-download novel dari toko buku untuk iPhone Apple pada mereka. Amazon telah menawarkan aplikasi Kindle untuk iPhone dan iPod touch, panjang dengan pilihan yang jauh lebih luas dari judul.

8 ) Prosesor baru: iPhone 4G menggunakan salah satu prosesor Apple, mirip dengan yang ditemukan di iPad.

9 ) Sebuah macam SIM: Desas-desus menyatakan bahwa iPhone, seperti iPad, akan fitur microSIM, daripada kartu SIM berukuran standar yang digunakan oleh ponsel lainnya. Perangkat prototipe yang digunakan adalah microSIM, tetapi tidak jelas apakah Apple akan roll ini di seluruh rentang iPhone, itu berarti jutaan pengguna iPhone yang sudah ada yang ingin meng-upgrade ke model terbaru perlu diganti dengan kartu SIM yang baru dalam telepon mereka yang sesuai dengan operator jaringan yang mendukung kecanggihan dari iPhone 4G ini sendiri.

10 ) Wireless : Ini mungkin adalah fitur baru paling tidak mungkin, tapi Apple fans pasti melompat gembira jika iPhone baru bisa melakukan sinkronisasi secara nirkabel dengan komputer mereka. Ini berarti bahwa data dapat didukung di seluruh jaringan wi-Fi, tanpa harus mentransfer data, lagu-lagu baru, foto dan film menggunakan kabel USB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar